UEFA Berikan Penghargaan Untuk Francesco Totti

By Admin


nusakini.com - Francesco Totti mendapatkan gelar kehormatan setelah dinobatkan sebagai peraih Penghargaan Presiden UEFA (UEFA President's Award) 2017, tepat usai mengakhiri karirnya bersama AS Roma.

Mantan pemain timnas Italia yang kini telah berusia 40 tahun itu telah mencatatkan 786 penampilan untuk Roma, termasuk laga terakhirnya untuk Giallorossi saat menang 3-2 atas Genoa di laga pekan terakhir Serie A Italia 2016/17 pada, Minggu (28/5).

Meski karirnya yang berlangsung selama 25 tahun di Roma telah berakhir, Totti memberi isyarat untuk bisa saja melanjutkan karirnya di tempat lain.

Totti menjadi pemain ke-17 yang menerima penghargaan serupa dari asosiasi sepakbola Eropa tersebut. Sejak pertama kali diadakan ada 1998 sudah terdapat nama-nama besar yang mendapatkan penghargaan itu seperti Franz Beckenbauer, Johan Cruyff, Bobby Charlton, Eusebio, dan Paolo Maldini.

Untuk pertama kalinya di era kepemimpinan presiden UEFA Aleksander Ceferin, penghargaan tersebut kembali diberikan.

"Penghargaan Presiden adalah bentuk pengakuan atas prestasi luar biasa, profesionalitas tinggi, dan kualitas pribadi yang patut menjadi contoh," ujar Ceferin.

"Aspek-aspek tersebut ada dalam diri Francesco Totti - seseorang yang menghabiskan seperempat abad dalam hidupnya untuk bermain bagi AS Roma yang ia cintai."

"Selamat, Francesco, untuk karir fantastis dan loyalitas luar biasa serta dedikasi Anda untuk Roma dan sepakbola," kata presiden UEFA ketujuh, yang mulai menjabat sejak September 2016 itu. (fft/om)